Minggu, 17 November 2013

contoh pembuatan jurnal belajar



20 September 2013
Bu misgiati membicarakan kontrak pembelajaran mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan konsep dan langkah-langkah didalam melakukan penelitian disamping itu mahasiswa dapat melaksanakan penelitian mandiri dibidang farmasi dan makanan, minuman.
Kata bum is kita bisa berkompetisi belajar setelah mengikuti perkuliahan, karena mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk : Memahami proses penelitian ilmiah baik dasar maupun terapan, menemukan permasalahan yang researchable, menyusun proposal dan melaksanakan riset ilmiah dengan benar, memahami implikasi perkembangan penelitian terhadap perkembangan teori maupun praktek.
Pada mata kuliah metode penelitian setiap harinya mahasiswa harus membuat jurnal belajar setelah selesai proses matkul metpen secara individu.
Kehadiran mahasiswa pada matkul metpen minimal 80% dan membuat tugas portofolio

Pembentukkan kelompok menjadi 8 kelompok.
Saya menjadi anggota kelompok 4. Yang anggotanya terdiri dari: saya, yohana, pungkas, tri siwi, yusua, dan patrisius.


Tanggal 28 September 2013
Bu misgiati menjelaskan tentang definisi penelitian. Metode ilmiah adalah gambaran kecil dari suatu penelitian.
Langkah dalam metode ilmiah :
  1. Merumuskan masalah serta mendefinisikan (didalam merumuskan masalah, didasari adanya latar belakang yang menyebabkan timbulnya masalah).
  2. Studi pustaka.
  3. Memformulasikan hipotesis.
  4. Menentukan model untuk menguji hipotesis.
  5. Mengumpulkan data.
  6. Menyusun, menganalisis, dan memberikan interpretasi.
  7. Membuat generalisasi dan kesimpulan.
  8. Membuat laporan ilmiah.
Lalu setelah selesai menjelaskan, Bu Mis meminta agar tiap kelompok mencoba membuat secara bersama. Kelompok saya mendapatkan tema sirup, dan membahas tentang kandungan pemanis dalam sirup yang menyebabkan sakit tenggorokan.
Setelah beberapa menit waktu yang diberi Bu Mis untuk membuat, kelompok 1 disuruh menunjukan hasilnya dengan mempresentasikan. Kelompok 1 membahas tentang bahan pewarna dalam krupuk.






Tanggal 5 Oktober 2013
Awal matkul Bu Mis menjelaskan kembali tentang pembuatan latar belakang yang benar didalam suatu penelitian.
Tidak lama kemudian Bu Mis menyuruh kelompok 2 untuk presentasi tentang jenis penelitian dan pada saat itu juga Bu Mis menagih rangkuman tiap kelompok. Kelompok saya sudah ada yang mencari materi itu, tapi ternyata tidak dirangkum. Saya pun hanya mencari saja belum saya rangkum.
Tahapan dalam presentasi kelompok 2:
1.      Penyampaian materi presentasi
2.      Menyamakan persepsi
3.      Setiap kelompok wajib mengajukan pertanyaan.
Kelompok 2 menjawab pertanyaan dari kelompok lain kurang maksimal, dan masih dibimbing oleh Bu Mis, Kelompok 2 kurang memahami materi presentasinya kata Bu Mis sehingga ada pertanyaan yang belum terjawab. Akhirnya mungkin Bu Mis jengkel sehingga menyuruh semuanya untuk menjadikan pertanyaan yang tidak terjawab itu sebagai tugas.
Tugas untuk minggu depan :
1.      Menjawab pertanyaan kelompok 3, 4, 6, dan 7 ! ( individu, jawaban ditulis tangan)
2.      Membuat latar belakang masalah dan rumusan masalah (cari permasalahan yang masyarakat sekitar untuk membuat latar belakang).


Tanggal 12 Oktober 2013
Bu Mis melanjutkan penjelasan tentang latar belakang masalah. Masalah adalah penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi.
Sumber masalah :
  1. Terdapat penyimpangan antara pengalaman dari kenyataan.
  2. Terdapat penyimpangan antara apa yang direncanakan dengan kenyataan.
  3. Ada pengaduan.
  4. Ada kompetisi.
  5. Literatur atau bahan bacaan.
  6. Pengalaman (pribadi) si peneliti.
Rumusan masalah yang baik:
Didalam merumuskan masalah, jangan menentukan judul penelitian dahulu, tetapi apa yang melatarbelakangi sesuatu yang dapat menimbulkan rumusan masalah, dengan begitu judul penelitian dapat langsung ditentukan.
Setelah penjelasan selesai, Bu Mis memberi tugas untuk setiap kelompok untuk membuat pokok pikiran dari latar belakang.
Untuk tugas individu minggu depan : Membuat pokok pikiran dari suatu latar belakang dan kemudian di uraikan menjadi paragraf latar belakang, minimal 2 lembar, dan langsung di print out.








Tanggal 19 Oktober 2013
Tanggal ini semua wajib merevisikan tugas minggu lalu tentang pembuatan poin-poin latar belakang, paragraf latar belakang, dan rumusan masalah.
Bu Mis marah karena banyak poin-poin latar belakang yang ketika maju kedepan itu masih salah dan beliau bilang yang belum maju silahkan untuk bertanya kepada teman-teman yang tugasnya sudah direvisi benar.
Karena waktu revisi yang terbatas, kami disuruh membetulkan lalu dikirim lewat email untuk dikonsultasikan lewat email.
Saya harus memikir ulang saya akan membuat laporan penilitian dengan judul dan poin-poin latar belakang apa, karena punya saya yang sebelumnya ditolak Bu Mis karena menurut beliau ujimutu sediaan yang ingin saya gunakan terlalu mudah, karena pada saat itu ketika ditanya Bu Mis uji mutunya apa saja saya hanya menjawab pH karena yang saya tau masih hanya itu. Sebenarnya tidak hanya itu.


Tanggal 26 Oktober 2013
Bu misgiati membahas sedikit tentang pembuatan latar belakang metode penelitian. Selanjutnya beliau menjelaskan tahapan berikutnya setelah rumusan masalah.
  1. Tujuan penelitian : mengacu pada rumusan masalah, target yang dilakukan setelah penelitian. Menjawab dari pertanyaan pada rumusan masalah.
2.      Manfaat penelitian : setelah keseluruhan penelitian, apa yang akan dilakukan. Apa manfaat kedepannya setelah selesai penelitian. Baik untuk institusi, mahasiswa itu sendiri, serta masyarakat sekitar
  1. Variabel penelitian
Variabel penelitian ada:
·         Variabel independen(bebas)
·         Variabel dependen (terikat)
·         Variabel kontrol
·         Dan variabel lain
Contoh v.bebas : efektivitas ekstrak daun ciplukan
Conyoh v.terikat: hambatan bakteri SA
Contoh v.kontrol :konsentrasi flavonoid yang ada pada daun ciplukan
4.      Ruang lingkup dan keterbatasan penelitian (pada BAB I) berkaitan dengan judul. Yang membatasi penelitian yang kita lakukan itu apa.
  1. Definisi istilah : menjelaskan judul satu persatu.


  1. Definisi operasional variabel
Variabel
Sub variabel
Definisi operasional
Indikator
Alat ukur
Skala ukur
v.bebas
v.terikat
v.kontrol






Tugas minggu depan : membuat rumusan masalah sampai definisi operasional variabel.






Tanggal 2 November 2013
Bu Mis merevisi tugas masing-masing mahasiswa mulai dari rumusan masalah sampai definisi operasional variabel.
Sebelumnya laporan saya ditolak, namun sekarang bisa dilanjutkan dengan sedikit revision dari Bu Mis.
Setelah revisi beliau menerangkan landasan teori.
Landasan teori mendasari :
  1. Latar belakang.
  2. Kajian pustaka.
  3. Metode penelitian.
  4. Pembahasan.
Pembuatan kajian pustaka
Kajian pustaka : minimal yang ada dijudul.
Tahapannya:
1.      Bibiliografi (sama dengan daftar pustaka)
2.      Tujuan penulisnya (biasanya dilihat diabstrak atau pendahuluan)
3.      Fakta unik (hal-hal yang penting dalam jurnal penelitian)
4.      Pertanyaan yang dimunculkan.
5.      Konsep utama.
6.      Refleksi.
Tugas minggu depan : membuat kajian pustaka, dan dikirim lewat email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar